Friday, August 6, 2021

Tips Menghaluskan Bumbu dan Rempah dengan Blender

Penggunaan berbagai bahan seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, serta bumbu dan rempah lainnya merupakan bagian penting dari cita rasa masakan, terutama sajian Indonesia yang kaya rasa.

Biasanya berbagai bumbu dan rempah ini ditumbuk hingga halus menggunakan cobek atau lumpang. Tapi dengan perkembangan teknologi, proses penghalusan bumbu kini bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat menggunakan Blender Philips.

Tips Menghaluskan Bumbu dan Rempah dengan Blender

Tak sedikit orang yang menyatakan bahwa bumbu dan rempah sebaiknya dihaluskan menggunakan cobek atau lumpang. Menurut mereka, bumbu dan rempah yang dihaluskan dengan blender tidak akan memiliki cita rasa yang selezat bumbu dan rempah yang dihaluskan dengan cobek atau lumpang.

Hal ini disebabkan karena bumbu dan rempah yang ditumbuk akan mengeluarkan minyak alaminya, sehingga menambah aroma dan rasa bumbu halus. Hal ini tidak terjadi bila bumbu dan rempah dihaluskan menggunakan blender.

Tapi tentu saja, Anda mungkin tak selalu punya waktu untuk menghaluskan bumbu menggunakan cobek. Penggunaan blender akan sangat membantu menghemat waktu dan tenaga Anda. Lalu bagaimana caranya agar bumbu dan rempah yang dihaluskan dengan blender memiliki cita rasa yang sama dengan bumbu yang dihaluskan dengan cobek? Simak beberapa tipsnya berikut ini:

Agar bumbu halus dengan lebih merata, dahulukan bumbu dan rempah yang bertekstur keras dan berserat, misalnya serai, lengkuas, ketumbar, dll. Setelah itu bumbu dan rempah tersebut mulai halus, baru masukkan bumbu lain seperti cabai, serta bumbu yang mengandung air seperti bawang merah. Terakhir, masukkan bumbu yang mudah dihaluskan seperti terasi, air asam, dll.

Sebelum dihaluskan, tumis dulu bumbu dan rempah hingga agak layu. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan aroma dan rasa bumbu dan rempah, sehingga bumbu yang dihaluskan dengan blender akan lebih lezat. Selain itu, cara ini juga membantu menghilangkan bau mentah dari bumbu halus.

Sebelum dihaluskan, memarkan dulu bumbu dan rempah, sehingga minyak alami dari bumbu dari rempah akan keluar untuk menambah aroma dan cita rasa bumbu halus.

Tambahkan sedikit minyak goreng pada bumbu dan rempah yang akan diblender. Anda juga bisa menggunakan minyak goreng yang digunakan untuk menumis bumbu dan rempah sebelum dihaluskan.

Minyak goreng akan membantu mengeluarkan cita rasa bumbu dan rempah, sekaligus berfungsi sebagai pengawet pada bumbu halus. Itu sebabnya penambahan minyak goreng juga perlu dilakukan saat Anda membuat bumbu halus dalam jumlah besar untuk disimpan dalam kulkas.

Pastikan blender telah benar-benar bersih dan bebas dari sisa serta aroma bahan makanan yang Anda haluskan sebelumnya. Bahkan aroma bahan makanan yang masih menempel pada blender pun bisa mengubah aroma bumbu yang Anda haluskan dengan blender.

Teknologi diciptakan untuk mempermudah kerja Anda. Jadi tak ada salahnya menggunakan teknologi untuk mempermudah proses memasak, kok. Kalau Anda punya waktu untuk menghaluskan bumbu dengan cobek dan ulekan, Anda bisa melakukannya dengan cara tradisional.

Tapi kalau anda tak punya banyak waktu atau kalau Anda akan membuat bumbu halus dalam jumlah besar, penggunaan blender atau food processor akan sangat membantu Anda. Tentu saja, agar kualitas dan cita rasa bumbu halus tetap terjaga, Anda bisa mengikuti tips-tips di atas. Sajian yang Anda siapkan pun akan tetap lezat walaupun menggunakan bumbu dan rempah yang dihaluskan dengan blender.